Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Project
Based Learning Tipe Market Place Activity berbantu Mind Mapping Terhadap Kemampuan
Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Dalam Materi Pokok
Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperalisme dan Kolonialisme Di Kelas XI IPS 3 SMAN
5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022-2023. Adapun yang melatarbelakangi
penelitian ini adalah pada saat peneliti melaksanakan pengamatan terhadap kegiatan
pembelajaran sejarah peminatan di kelas XI IPS 3 SMAN 5 Tasikmalaya masih terdapat peserta
didik yang kurang dalam kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai
kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini
berupa tes hasil belajar peserta didik menggunakan jenis soal essai dengan 14 butir soal. Teknik
analisis data dibantu dengan program IBM Statistic 25. Teknik pengolahan data menggunakan
uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran, uji daya pembeda, uji normalitas, uji hipotesis dan
pengolahan NGain. Hasil penelitian ini merupakan adanya pengaruh kemampuan berpikir
kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Market Place Activity dan dan
peserta didik yang menggunakan model STAD. Berdasarkan hasil perhitungan uji t paired
sample mendapatkan Sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan H1
diterima, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning tipe
market place activity berbantu mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta
didik.
Kata Kunci : Berpikir kreatif, Mind Mapping, Model Pembelajaran Market Place Activity,
Model Pembelajaran Project Based Learning.