Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola saluran pemasaran, fungsi?fungsi pemasaran dan efisiensi pemasaran ayam broiler. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode survei. Kasus penelitian dilakukan pada proses
pemasaran ayam broiler dari PS Bima sampai dengan pedagang pengecer yang
berlokasi di pasar Baleendah Kabupaten Bandung dengan menganalisis pola
saluran, fungsi dan efisiensi pemasaran melalui indikator efisiensi operasional,
efisiensi harga serta indeks efisiensi pemasaran. Penelitian ini dilakukan dari bulan
Februari sampai Juli 2023. Teknik snowball sampling digunakan dalam
pengambilan responden. Responden terdiri dari satu commission agent, satu
pedagang besar, tujuh pedagang pengecer dan ditambah satu orang kepala unit dari
PS Bima (sebagai informan). Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat satu
pola saluran pemasaran yaitu pola saluran tiga tingkat: PS Bima ? commission agent
? Pedagang Besar ? Pedagang Pengecer ? Konsumen. Fungsi pemasaran yang
dilakukan yaitu fungsi pertukaran dilakukan oleh setiap lembaga pemasaran. Fungsi
fisik yang dilakukan berupa pengangkutan dan pengolahan, pengangkutan
dilakukan oleh commission agent dan pedagang besar sedangkan untuk pengolahan
dilakukan oleh pedagang besar. Fungsi fasilitas yang dilakukan yaitu risiko dan
informasi pasar. Risiko dilakukan oleh commission agent dan pedagang pengecer.
Sedangkan informasi pasar dilakukan oleh setiap lembaga pemasaran. Proses
pemasaran ayam broiler dari PS Bima sampai dengan pasar Baleendah Kabupaten
Bandung baik secara operasional maupun harga sudah efisien. Indeks efisiensi
pemasaran yang paling efisien adalah pemasaran ayam broiler dari PS Bima sampai
dengan pedagang pengecer tiga dengan nilai 1,98.
Kata Kunci: Ayam broiler, Efisiensi, Lembaga pemasaran, Pemasaran