Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model
pembelajaran Student Facilitator and Explainig dalam meningkatkan kemampuan
mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi
pada peserta didik kelas VIII SMP Al-Qolam tahun ajaran 2022/2023. Metode
penelitian dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik
penelitian ini adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber
data peserta didik kelas VIII SMP Al-Qolam Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran
2022/2023.
Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus I pertemuan
pertama peserta didik yang sudah mencapai KKM dalam materi mengidentifikasi
unsur-unsur pembangun teks puisi sebanyak 11 orang (64%) dan peserta didik yang
belum mencapai KKM sebanyak 6 orang (36%). Sedangkan pada siklus I pertemuan
kedua peserta didik yang telah mencapai KKM dalam materi menyimpulkan unsur?unsur pembangun dan makna teks puisi sebanyak 14 orang (82%) dan yang belum
mencapai KKM sebanyak 3 orang (18%).pada siklus II pertemuan pertama dan kedua
dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan
makna teks puisi seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM.
Berdasarkan Uji Normalitas nilai mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur?unsur pembangun dan makna teks puisi peserta didik pada siklus I dan II diketahui
harga X2 dengan derajat kebebasan (db) 2, dalam huruf signifikansi 95% diperoleh
3,99. Harga chi kuadrat (X2
) tabel tersebut jauh lebih kecil. Selanjutnya dalam uji
Wilcoxon diketahui bahwa W hitung lebih kecil daripada W tabel dalam taraf
signifikansi 0.01. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang dignifikan dari
siklus I ke siklus II. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan
menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas
VIII SMP Al-Qolam Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Dengan kata
lain, hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.
Kata Kunci: Teks Puisi, Student Facilitator and Explaining