Abstract :
Perkembangan zaman teknologi di Indonesia, terutama masyarakat di
kota Tasikmalaya berbelanja secara online di marketplace salah satunya yaitu
Shopee, dengan hadirnya Shopee memunculkan beberapa perilaku konsumen
yang berbeda-beda saat mendapatkan produk tersebut dengan beberapa
perimbangan saat membeli dan setelah membeli produk tersebut. Faktor
penting dalam kepuasan konsumen salah satunya melihat kualitas pelayanan,
harga dan citra Perusahaan merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan
konsumen dan bisa mengukur bagaimana meningkatkan loyalitas konsumen,
dengan hal ini kepuasan konsumen membantu mengidentifikasi kelemahan
dalam meningkatkan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra perusahaan terhadap
kepuasan konsumen Muslim Shopee di kota Tasikmalaya baik secara parsial
maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan
teknik pengambilan sampel Insidental Sampling. Data dikumpulkan dengan
menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini
adalah konsumen Muslim Shopee di kota Tasikmalaya dengan sampel
sebanyak 102 responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa:1). Kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Muslim Shopee di kota
Tasikmalaya dengan koefisien korelasi sebesar 0,793 dengan nilai sig.000,
koefisien regresi sebesar 9,920, nilai koefisien Determinasi R2 sebesar 0,619
atau 61,9% dan nilai uji t sebesar 11,910. 2). Harga berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen Muslim Shopee di kota Tasikmalaya dengan koefisien
korelasi sebesar 0,575 dengan nilai sig. 000, koefisien regresi sebesar 7,44, ni
koefisien Determinasi R2 sebesar 0,575 atau 57,5% dan nilai uji t sebesar
11,391. 3). Citra perusahaan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen
Muslim Shopee di kota Tasikamalaya dengan koefisien korelasi sebesar 0,539
dengan nilai sig. 000, koefisien Determinasi R2 sebesar 0,539 atau 53,9% dan
nilai uji t sebesar 11,913. 4). Kualitas pelayanan, harga, dan citra perusahaan
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Muslim Shopee di kota
Tasikmalaya dengan koefisien korelasi sebesar 0,873 dengan nilai sig.000,
koefisien regresi sebesar 0,247. 0,277. 0,401, nilai koefisien determinasi
sebesar 0,754 atau 75,4% dan nilai uji f sebesar 73,870. Dengan demikian
kualitas pelayanan, harga dan citra perusahaan berpengaruh secara parsial dan
simultan terhadap kepuasan konsumen (Y) Muslim Shopee di kota
Tasikmalaya.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Perusahaan, Kepuasan
Konsumen