Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan, mengevaluasi, dan
mengintegrasikan ukuran efek (effect size) penggunaan model project-based
learning (PjBL) terhadap hard skills dalam pembelajaran matematika secara
keseluruhan, termasuk pada berbagai jenjang pendidikan dan dengan
mempertimbangkan penggunaan media pembelajaran. Metode penelitian yang
dilakukan adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 126 artikel yang memuat
144 subsampel data yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang telah
ditetapkan. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi melaui
penelusuran artikel open acces terindeks SINTA atau scopus melalui DOAJ,
Google Scholar, Crossreff dan Publish n Perish 8. Instrumen penelitian yang
digunakan dalam penelitian meta-analisis ini adalah lembar pengkodingan. Analisis
data dilakukan berbantu perangkat lunak JASP versi 0.18.1.0 yang rilis pada 29
September 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan model
PjBL terhadap hard skills dalam pembelajaran matematika memiliki summary
effect size sebesar 1.061 kategori besar. Kemudian effect size model PjBL terhadap
hard skills dalam pembelajaran matematika juga memiliki effect size kategori besar
pada semua jenjang pendidikan. Terdapat perbedaan ukuran efek secara signifikan
pada jenjang pendidikan, jenjang pendidikan yang lebih tinggi effect size nya yaitu
jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar. Selanjutnya model PjBL
memiliki effect size kategori besar baik diterapkan dengan penggunaan media yaitu
media digital dan media manual maupun tanpa penggunaan media pembelajaran.
Kata kunci: Meta-analisis, Project Based Learning, Hard Skill dalam
pembelajaran matematika.