Abstract :
ABSTRAK
PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BERAS DI PASAR
CIKURUBUK KOTA TASIKMALAYA
Oleh
Agung Aditya Pratama Putra
NPM 155009152
Dosen pembimbing:
Dr. Rina Nuryati, Ir., M.P
Unang Atmaja, Ir., M.Sc
Beras merupakan salah satu panganan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia.
Setiap individu memiliki preferensi konsumen yang berbeda-beda dalam pembelian
beras. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap
atribut produk beras di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya dan mengkaji atribut
yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pembelian beras. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Analisis
yang digunakan pada penelitian ini yaitu Analisis Chi-Square. Data yang digunakan
pada penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh peneliti dengan
melakukan penyebaran kuesioner kepada konsumen produk beras menggunakan
teknik pengambilan sampel accidental sampling dengan berdasarkan perhitungan
rumus Lemeshow didapatkan sebanyak 100 orang responden. Pada penelitian ini
terdapat 5 variabel karakteristik responden dan 5 variabel atribut beras yaitu atribut
butir patah, atribut warna, atribut tingkat kepulenan, atribut aroma dan atribut harga.
Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Hasil dari
penelitian ini diketahui terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap produk
beras berdasarkan atribut butir patah, warna beras, tingkat kepulenan, aroma beras,
dan harga beras. Produk beras yang menjadi preferensi konsumen di Pasar
Cikurubuk adalah yang memiliki butir beras utuh, warna beras yang putih cerah,
pulen, beraroma wangi, dan harga diantara Rp 9.000 ? Rp 12.000.
Kata kunci: preferensi konsumen, beras, analisis chi-square, atribut produk,
accidental sampling