Abstract :
ABSTRAK
Vanessa Oktivania, 2023. Pengaruh Halal Awareness, Brand Trust, Dan E?WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implora Di E?Commerce Jawa Barat: Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Agama Islam Universitas Siliwangi.
Dalam melakukan pembelian konsumen akan melalui proses menilai hingga
memilih dari berbagai alternatif tersebut untuk menetapkan suatu pilihan yang
dianggap paling menguntungkan sesuai dengan kepentingannya. Pada teori perilaku
konsumen perspektif Islam, seorang muslim harus menyesuaikan aktivitas
konsumsinya berdasarkan syariat Islam dengan tujuan untuk meraih falah
(kepuasan dunia dan akhirat). Selain itu konsumen akan menentukan produk yang
akan dibeli karena percaya akan merek itu dan mengetahui produk yang akan dibeli.
Atas dasar alasan tersebut peneliti bertujuan untuk meneliti pengaruh halal
awareness, brand trust, dan E-WOM terhadap keputusan pembelian produk
Implora di e-commerce.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian assosiatif yang melibatkan 100 sampel
pengguna produk Implora di e-commerce. Teknik sampling yang digunakan adalah
nonprobability sampling dengan kategori purposive sampling. Pengukuran dalam
penelitian ini menggunakan skala likert. Tahap selanjutnya, hasil kuesioner
dianalisis menggunakan uji instrument data yaitu Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji
Asumsi Klasik dan Uji Analisis data untuk menjawab rumusan masalah dengan
menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana dan Uji Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel halal awareness, brnad
trust, dan E-WOM berpengaruh positif dan signifikan. Dan hasil dari pengujian
secara simultan terdapat pengaruh secara signifikan variabel halal awareness,
brand trust, dan E-WOM terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji determinasi
diketahui nilai R square sebesar 76,8% sedangkan 23,2% lainnya dipengaruhi oleh
faktor variabel lainnya.
Kata Kunci : Halal Awareness, Brand Trust, E-WOM, Keputusan Pembelian.