Abstract :
ABSTRAK
Komalasari. 2023. PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E
BERBANTUAN LKPD BERBASIS PROBELM SOLVING TERHADAP
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA
Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Singaparna diketahui bahwa dalam proses
pembelajaran peserta didik kurang bersemangat sehingga mengakibatkan peserta
didik kurang aktif dalam pembelajaran. Peserta didik yang kurang aktif cenderung
sulit memahami pelajaran fisika sehingga berdampak pada hasil belajar peserta
didik yang rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu
dengan menerapkan suatu model pembelajaran dan adanya bahan ajar pendukung
yaitu berupa LKPD yang berbasis model. Oleh karena itu peneliti melakukan
penelitian dengan tujuan unutk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E
berbantuan LKPD berbasis problem solving terhadap hasil belajar peserta didik
pada materi termodinamika. Hasil belajar yang diteliti adalah pada hasil belajar
pengetahuan, sikap yaitu kerjasama, responsif, serta percaya diri, dan keterampilan
peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dan desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1
Singaparna. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling
dengan hasil sampling yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas
XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t dan
uji Mann-Whitney pada hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa