Abstract :
ABSTRAK
Wulan Puteri Hendarisman. 2023. Pengaruh Durabilitas Produk, Harga dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hijab
Umama Scarf. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Agama Islam Universitas Siliwangi.
Kebutuhan konsumen akan fashion hijab semakin variatif dan inovatif.
Keinginan dan kepuasan konsumen yang tidak ada batasnya, dimanfaatkan oleh
para produsen hijab untuk menciptakan hijab yang sesuai keinginan dan kebutuhan
konsumen. Oleh karena itu berbagai inovasi produk hijab dilakukan oleh para
produsen untuk memperoleh kepercayaan dari konsumen. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh durabilitas produk, harga dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada hijab umama scarf baik secara parsial
maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik
purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan
skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen perempuan yang pernah
melakukan pembelian atau menggunakan produk hijab Umama Scarf dengan
sampel sebanyak 100 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Durabilitas produk memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, berdasarkan
koefisien determinasi X1 diperoleh angka R square (R2
) sebesar 0,594 dengan t
hitung sebesar 11,976 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. 2) Harga memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, berdasarkan
koefisien determinasi X2 diperoleh angka R square (R2
) sebesar 0,567 dengan t
hitung sebesar 11,320 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. 3) Kualitas pelayanan
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen,
berdasarkan koefisien determinasi X3 diperoleh angka R square (R2
) sebesar 0,640
dengan t hitung sebesar 13,188 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Dan, 4) Hasil
penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara X1, X2 dan X3 terhadap Y
berdasarkan koefisien determinasi sebesar 0,781 dengan F hitung sebesar 113,894
berada pada tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.
Maka dapat di simpulkan bahwa Durabilitas Produk, Harga dan Kualitas
Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen baik
secara parsial maupun simultan, sehingga semua hipotesis (H0) ditolak dan semua
hipotesis Alternatif (Ha) diterima.
Kata Kunci: Durabilitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.