Abstract :
ABSTRAK
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN
KONSUMEN TERHADAP SAYURAN HIDROPONIK
Oleh:
Endang Zenal Mutaqin
185009092
Dosen Pembimbing:
Riantin Hikmah Widi
D. Yadi Heryadi
Hidroponik adalah sistem penanaman tanaman tanpa menggunakan media tanam
tanah dan menggunakan larutan nutrisi yang mengandung garam organik untuk
menumbuhkan perakaran yang ideal. Produk sayuran hidroponik menjadi
alternatif karena hasil sayuran hidroponik cenderung lebih bersih dan bebas
pestisida. Namun pemasaran sayuran hidroponik saat ini belum terbuka cukup
luas. Hal ini dikarenakan harga sayuran hidroponik yang relatif lebih tinggi
dibandingkan dengan sayuran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan konsumen sayuran hidroponik Ijoaja Kecamatan Pagerageung
Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei.
Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik penarikan sampel
pada penelitian ini menggunakan nonpropability sampling dengan metode
accidental sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 73
responden. Besarnya sampel dihitung dengan menggunakan linier time function.
Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif metode perhitungan mean aritmatik
dan analisis linier berganda Metode Suksesif Interval (MSI). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian harga, kualitas produk dan kualitas
pelayanan sayuran hidroponik Ijoaja secara keseluruhan berkategori sesuai dan
kepuasan konsumen sayuran hidroponik di Ijoaja secara keseluruhan berkategori
puas. Adapun hasil analisis secara simultan faktor harga, kualitas produk, dan
kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sayuran
hidroponik Ijoaja dan secara parsial faktor harga, kualitas produk, dan kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sayuran hidroponik Ijoaja
Kata Kunci: harga, produk, pelayanan, kepuasan konsumen, sayuran
hidroponik