Abstract :
ABSTRAK
Opi Kurnia. 2023. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK MENURUT
NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN SPASIAL PADA
MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
DAVID KOLB
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan Newman
yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal kemampuan spasial materi bangun
ruang sisi datar ditinjau dari gaya belajar David Kolb. Penelitian ini dilaksanakan di kelas
IX F SMPN 2 PARIGI. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan spasial, angket gaya
belajar David Kolb dan pedoman wawancara. Pemilihan subjek didasarkan pada peserta
didik yang mengerjakan seluruh soal kemampuan spasial dan melakukan kesalahan
Newman untuk setiap tipe gaya belajar David Kolb, serta dapat berkomunikasi dengan
baik. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan
verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 1 subjek yang memiliki gaya belajar
diverger yaitu subjek S-9 yang mengalami kesalahan dimulai dari compherension errors;
2 subjek yang memiliki gaya belajar assimilator yaitu subjek S-18 yang mengalami
kesalahan encoding errors dan S-19 yang mengalami kesalahan dimulai dari process
skill errors. 1 subjek yang memiliki gaya belajar converger yaitu subjek S-4 yang
mengalami kesalahan dimulai dari process skill errors; serta 3 subjek yang memiliki gaya
belajar accommodator yaitu subjek S-12 yang mengalami encoding errors, S-15 yang
mengalami kesalahan dimulai dari process skill errors, S-16 yang mengalami kesalahan
dimulai dari compherension errors.
Kata kunci: Analisis Newman, Kemampuan Spasial, Gaya Belajar David Kolb..