Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Nurazizah, Erica Oktariani
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Datestamp
2023-06-26 14:01:17
Abstract :
PENGARUH PERLINTASAN SEBIDANG DENGAN REL KERETA API
TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS
(Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Mohammad Hatta, Tasikmalaya)
Erica Oktariani Nurazizah1), Hendra2), Gary Raya Prima3)
1,2,3Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Siliwangi
Jalan Siliwangi No. 24 Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
E-mail: Erica.azizah@gmail.com
ABSTRAK
Sistem transportasi yang terbentuk dari komponen sarana, prasarana dan manusia
adalah bagian hidup masyarakat saat ini. Pertemuan antara jalan raya dan jalan rel
merupakan persimpangan pada perlintasan sebidang dan merupakan titik yang dapat
terjadi konflik antara dua moda transportasi. Salah satu perlintasan sebidang yang ada
di Kota Tasikmalaya berada pada perlintasan sebidang ruas jalan Mohammad Hatta di
dekat simpang lima. Pada perlintasan tersebut volume kendaraan yang melintas cukup
besar sehingga pada saat pintu tertutup dapat membuat antrian yang cukup panjang dan
juga membuat banyak kendaraan mengalami tundaan. Karakteristik lalu lintas yang
disurvei pada penelitian ini yaitu volume, kecepatan dan kerapatan lalu lintas .
Disamping itu juga dilakukan survey terhadap jadwal kedatangan kereta api, lama
penutupan pintu perlintasan, panjang antrian, banyak kendaraan dalam antrian dan
waktu pemulihan kendaraan.. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Shock
Wave Analysis pada kondisi pintu tertutup dapat disimpulkan kondisi antrian dan
tundaan maksimum terjadi pada periode 16:21:45 ? 16:24:46, dimana menghasilkan
waktu pelepasan ta = 82.73 detik, waktu pemulihan tb = 88.37 detik, panjang antrian =
240 meter, jumlah kendaraan antri N = 31.08 smp, serta rata-rata tundaan sebesar
106.04 detik.
Kata Kunci : perlintasan sebidang, karakteristik lalu lintas, tundaan dan antrian