Abstract :
ABSTRAK
PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP BRAND
SWITCHING DENGAN MODERASI REFERENCE GROUP
PADA SMARTPHONE SAMSUNG
Oleh:
Farhan Rahmat Ramadhan
193402129
Di bawah bimbingan:
Mohammad Soleh Soeaidy
R. Lucky Radi Rinandiyana
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis atribut produk,
brand switching, reference group dan pengaruh atribut produk terhadap brand
switching dengan moderasi reference group smartphone Samsung. Populasi
sampel pada penelitian ini sebanyak 200 orang. Teknik pengambilan sampel
dengan menggunakan teknik pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan
metode pengumpulan data berupa kuesioner. Alat analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan
menggunakan software AMOS 24. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
atribut produk termasuk dalam klasifikasi baik, brand switching termasuk dalam
klasifikasi baik, dan reference group termasuk dalam klasifikasi baik.
Berdasarkan hasil analisis, atribut produk memiliki pengaruh positif terhadap
brand switching, dan reference group memiliki pengaruh positif dalam
memoderasi hubungan antara atribut produk dengan brand switching.
Kata kunci: Atribut produk, Brand Switching, Reference Group