Abstract :
ABSTRAK
INDRA SYACH PUTRA. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta
Didik Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurusan Pendidikan Matematika.
Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif peserta didik
ditinjau dari Self Regulated Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
tes kemampuan berpikir reflektif, angket Self Regulated Learning, dan wawancara tidak
tersturktur. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrument
lainnya berupa soal tes kemampuan berpikir reflektif dan angket Self Regulated
Learning. Sumber data penelitian ini yaitu subjek S-26 yang memiliki Self Regulated
Learning tinggi, subjek S-16 yang memiliki Self Regulated Learning sedang dan subjek
S-4 yang memiliki Self Regulated Learning rendah. Teknik analisis data yang digunakan
meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil
penelitian ditemukan bahwa kemampuan berpikir reflektif subjek S-26, S-16 dan S-4
mampu menuliskan yang diketahui dan ditanyakan, mampu menjelaskan hubungan yang
diketahui dengan yang ditanyakan dan menjelaskan metode yang digunakan serta
mampu menghubungkan dan mengaitkan masalah yang pernah dihadapi dengan masalah
yang ditanyakan. S-26 mampu menentukan maksud dari permasalahan dan mampu
mendeteksi kebenaran dalam penentuan jawaban sehingga mendapatkan hasil jawaban
yang tepat. S-16 mampu menentukan maksud dari permasalahan, mampu mendeteksi
kebenaran pada penentuan jawaban namun belum dapat mendeteksi kesalahan pada
jumlah buku di rak pertama sehingga hasil jawaban kurang tepat. Sedangkan S-4 mampu
menentukan maksud dari permasalahan namun belum dapat mendeteksi kesalahan dan
kebenaran pada penentuan jawaban sehingga hasil jawaban kurang tepat.
Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Reflektif, Self Regulated Learning.