Abstract :
ABSTRAK
STRATEGI PENANGANAN KREDIT BERMASALAH PADA PRODUK KREDIT
USAHA RAKYAT (KUR) PADA PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO)
TBK KANTOR CABANG PEMBANTU SINGAPARNA
Oleh
Lutfi Santiani
203404067
Pembimbing I : Mira Rahmawati, S.P., M.M.
Pembimbing II : Hj. Noneng Masitoh Ir.,M.M
Tujuan dari penulisan tugas akhir ini ialah untuk mengetahui strategi penanganan
kredit bermasalah pada produk kredit usaha rakyat PT. Bank Negara Indonesia
(Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Singaparna. Penelitiaan ini menggunakan
metode penelitian kualitatif, yang dimana metode ini menganalisa data dan
interpretasi atas objek kajian dan secara historis, strategi penelitian kualitatif
bermula dari pengamatan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
menggunakan participant observation, wawancara ( In depth interview ), dan studi
kepustakaan. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan strategi penanganan kredit bermasalah produk
Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada rakyat PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
Kantor Cabang Pembantu Singaparna yaitu dengan cara penyelamatan dan
penyelesaian. Hambatan yang dihadapi pada saat penanganan kredit bermasalah
yakni akibat adanya Covid-19 sehingga berdampak kepada kondisi perekonomian
para pelaku usaha debitur karena adanya larangan pemerintah untuk bertatap muka
secara langsung. Solusi dari yang dapat ditempuh untuk mengatasi hambatan
tersebut adalah dengan cara mencari informasi lebih dalam lagi karena pada saat ini
teknologi sudah sangat berkembang agar masyarakat lebih bisa berinovasi untuk
mengatasi dan mempertahankan usaha yang dijalani pada saat terjadi Covid-19.
Kata Kunci: Strategi, Penanganan, Kredit, Bank