Abstract :
ABSTRAK
SALMA SAMROTUL WAHIDAH 2023. ?STUDENTS? PERCEPTIONS OF
BTS? ENGLISH SONGS AS A LEARNING MEDIUM FOR LEARNING
ENGLISH VOCABULARY: A DESCRIPTIVE CASE STUDY?. Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Siliwangi, Tasikmalaya.
Tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah untuk menyelidiki dan mendeskipsikan
persepsi siswa mengenai lagu berbahasa inggris dari grup idola ?BTS? yang
digunakan sebagai media pembelajaran bahasa inggris, khususnya dalam
penguasaan kosa kata bahasa Inggris. Penelitian ini berfokus kepada siswa yang
merupakan penggemar BTS sebagai target penelitian. Penelitian ini bertujuan
untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dari pengalaman, persepsi
ataupun opini dari tujuh orang siswa yang berusia antara 17-22 tahun.
Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur dan data
dianalisis dengan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa
memiliki persepsi positif terhadap penggunaan lagu bahasa Inggris BTS sebagai
media pembelajaran dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris. Lagu-lagu
tersebut berhasil membangun minat siswa untuk belajar bahasa Inggris, mampu
memfasilitasi siswa dalam meningkatkan penguasaan kosa kata, pelafalan,
mempelajari makna, dan mempelajari pribahasa/bahasa Gaul.
Kata kunci: BTS, Lagu, Media pembelajaran, Persepsi Siswa, Kosa kata