Abstract :
ABSTRAK
Dina Oktaviani, 2023. Pengaruh Gaya Mengajar Interaksional Terhadap Hasil
Belajar Peserta didik Pada Materi Sistem Pernapasan (Studi Eksperimen Di
Kelas Xi Mipa SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan
Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi,
Tasikmalaya.
Gaya mengajar interaksional merupakan gaya mengajar guru dalam
berinteraksi dengan peserta didik untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan
efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya mengajar interaksional
terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan di kelas XI MIPA
SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian menggunakan
quasi eksperiment dengan desain penelitian yaitu nonequivalent pretest-posttest
control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA
Negeri 2 Singaparna sebanyak 4 kelas yang berjumlah 215 peserta didik. Teknik
sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel yang digunakan yaitu
kelas XI MIPA 2sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol
dengan jumlah peserta didik 60 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini
adalah untuk mengukur hasil belajar peserta didik yang mengacu pada indikator
taksonomi bloom dari indikator mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan
(C3), menganalisis (C4), dan mengevaluasi (C5). Teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran
biologi pada materi sstem pernapasan ada pengaruh yang signifikan dengan
menggunakan gaya mengajar interaksional terhadap hasil belajar peserta didik dengan
nilai signifikansi 0,000 < 0,05.