Abstract :
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMK kelas X yaitu
teks anekdot, hal tersebut telah tercantum dalam Kurikulum 2013 Revisi. Materi teks
anekdot terdapat dalam kompetensi dasar 4.6, yakni menciptakan kembali teks anekdot
dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan baik secara lisan maupun
tulisan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan intensitas
menonton YouTube konten komedi siswa kelas X SMK Terpadu Bojongnangka,
menjelaskan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Terpadu
Bojongnangka jika menonton YouTube konten komedi, dan menjelaskan korelasi
intensitas menonton YouTube konten komedi terhadap keterampilan menulis teks
anekdot siswa kelas X SMK Terpadu Bojongnangka.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan analisis
regresi linier sederhana. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK
Terpadu Bojongnangka dengan jumlah 18 orang. Pengumpulan data menggunakan
metode angket, wawancara, dan tes. Uji persyaratan analisis yang digunakan yaitu uji
normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier
sederhana dengan program SPSS versi 25.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa intensitas menonton
YouTube konten komedi siswa kelas X SMK Terpadu Bojongnangka dengan jumlah
responden 18 siswa dapat diketahui bahwa sebanyak 33,3% (6 siswa) berada pada
kategori tinggi, 27,8% (5 siswa) berada pada kategori sedang, dan 38,9% (7 siswa)
berada pada kategori rendah. Kemudian keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas
X SMK Terpadu Bojongnangka dengan jumlah 18 responden dapat diketahui bahwa
sebanyak 66,7% (12 siswa) berada pada kategori tinggi, 16,7% (3 siswa) berada pada
kategori sedang, dan 16,7% (3 siswa) berada pada kategori rendah. Selain itu, terdapat
korelasi positif dan signifikansi antara intensitas menonton YouTube konten komedi
dengan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Terpadu
Bojongnangka. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan analisis regresi linier
sederhana, diperoleh F hitung sebesar 48,694 dengan signifikansi 0,000 pada taraf
signifikansi 5%, dan diperoleh koefisien determinasi 75,3%. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara intensitas menonton YouTube konten
komedi dengan keterampilan menulis teks anekdot