Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media flipbook
berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dan mengetahui kemampuan
komunikasi matematis peserta didik setelah menggunakan media yang dikembangkan
pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang
menggunakan model pengembangan 4D (Define-Design-Develop-Disseminate). Subjek
dalam penelitian ini adalah 3 orang guru matematika, 6 orang peserta didik yang diambil
dari masing-masing kelas VIII di luar kelas VIII-E, 2 orang ahli materi, 2 orang ahli
media dan 32 orang peserta didik kelas VIII-E SMPN 3 Banjar. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan
hasil penelitian dan pengembangan, pada tahap Define peneliti menentukan dan
mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan di dalam proses pembelajaran serta
mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan materi dan media yang akan
dikembangkan. Pada tahap Design, peneliti membuat flowchart dan storyboard,
merancang instrumen tes kemampuan komunikasi matematis, menyusun lembar validasi
ahli materi dan ahli media dan membuat angket respon pengguna baik guru maupun
peserta didik. Pada tahap Develop, peneliti menghasilkan produk yang telah dirancang,
melakukan uji ahli kepada ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi berada pada
kategori ?sangat layak digunakan? serta melakukan ujicoba produk kepada 3 orang guru
matematika dan 6 orang peserta didik di luar kelas VIII-E dan memperoleh respon positif
dengan kategori ?sangat baik?. Pada tahap Disseminate, media pembelajaran flipbook
berbasis RME diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 32 orang peserta didik
kelas VIII-E dan respon pengguna terhadap media pembelajaran flipbook berbasis RME
positif dengan kategori ?sangat baik?. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan
komunikasi matematis, sebanyak 75% peserta didik memiliki tingkat kemampuan
komunikasi matematis pada kategori tinggi dan sedang. Hal tersebut menunjukkan
bahwa 75% peserta didik mencapai ketuntasan dengan memperoleh nilai KKM yang
ditetapkan sekolah yaitu 75 pada kemampuan komunikasi matematis. Dapat disimpulkan
bahwa media pembelajaran flipbook berbasis RME layak digunakan dan efektif pada
kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Media Flipbook, RM