Abstract :
Penelitian ini untuk menguji pengaruh brand image dan NCT Dream sebagai brand
ambassador terhadap keputusan pembelian mie instan sehat di Plaza Asia Kota
Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan
kasus di Plaza Asia Kota Tasikmalaya. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara
sengaja (purposive) karena Plaza Asia memiliki jumlah penjualan mie instan sehat
terbanyak di Tasikmalaya jika dibandingkan dengan pusat perbelanjaan lainnya.
Dalam penelitian ini menggunakan sebanyak 38 responden yakni konsumen yang
membeli produk mie instan sehat. Penentuan responden menggunakan teknik
accidental sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan kuesioner. Alat
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image pada pembelian mie
instan sehat di Plaza Asia Tasikmalaya berada pada kategori setuju dengan sebagian
besar konsumen menyatakan mie instan sehat memiliki desain produk yang
menarik. Kemudian untuk NCT Dream sebagai brand ambassador pada pembelian
mie instan sehat di Plaza Asia Tasikmalaya berada pada kategori sangat setuju
dengan sebagian besar konsumen menyatakan NCT Dream memiliki popularitas
yang sangat baik untuk menjadi brand ambassador. Keputusan pembelian pada
konsumen mie instan sehat di Plaza Asia Tasikmalaya berada pada kategori setuju
dengan sebagian besar konsumen menyatakan bahwa konsumen akan melakukan
pencarian informasi saat akan membeli suatu produk. Secara simultan kedua
variabel yakni brand image dan NCT Dream sebagai brand ambassador
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mie instan sehat. Kemudian
brand image dan NCT Dream sebagai brand ambassador secara parsial
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mie instan sehat di Plaza Asia
Kota Tasikmalaya.
Kata Kunci: brand image, brand ambassador, keputusan pembelian.