Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas
belajar dan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar ekonomi pada peserta
didik kelas XI SMA Pesantren Cintawana secara parsial dan srimultan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun
populasi yaitu sebanyak 119 orang yang merupakan peserta didik kelas XI SMA
Pesantren Cintawana, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel
jenuh sehingga sampel diperoleh sebanyak 119 orang. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data yaitu
analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas
belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada peserta
didik kelas XI SMA Pesantren Cintawana dengan nilai signifikansi (0,000<0,05),
kecerdasan intelektual berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi
pada peserta didik kelas XI SMA Pesantren Cintawana dengan nilai signifikansi
(0,000<0,05).
Kata kunci : Fasilitas, Kecerdasan Intelektual, Prestasi.