Abstract :
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII
adalah kompetensi dan 3.3. dan 4.3 mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan
kembali isi teks narasi (cerita fantasi). Namun pada kenyataannya, masih banyak
peserta didik yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB)
terkait pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, penulis melaksanakan penelitian
tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Mind Mapping.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model
pembelajaran Mind Mapping meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur?unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) peserta didik kelas VII
SMP Negeri 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022.
Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat peningkatan hasil belajar dari
siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu dalam aspek pengetahuan terdapat
peserta didik yang sudah mencapai KKB sebanyak 18 orang (64%) dan yang belum
mencapai KKB sebanyak 10 orang (36%), sedangkan pada siklus kedua semua
peserta didik (100%) sudah mencapai KKB. Pada siklus kesatu dalam aspek
keterampilan terdapat peserta didik yang sudah mencapai KKB sebanyak 21 orang
(75%), dan yang belum mencapai KKB sebanyak 7 orang (25%), sedangkan pada
siklus kedua semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKB.
Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam
penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Artinya model pembelajaran Mind Mapping
dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan
kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 15
Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022