Abstract :
SALMA MARIFAH. 2023. Analisis Skema Peserta Didik Dalam
Mengkonstruksi Bukti Matematis Ditinjau dari Gaya Berpikir Gregorc.
Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis skema peserta didik dalam
mengkonstruksi bukti matematis ditinjau dari gaya berpikir Gregorc. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes angket gaya berpikir, tes pembuktian matematis dan
wawancara dengan jumlah subjek penelitian sebanyak lima peserta didik. Data hasil
penelitian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: Skema peserta didik dalam
mengkonstruksi bukti matematis dengan gaya berpikir sekuensial konkret (S12-SK)
menyelesaikan soal secara terurut, sistematis dan sesuai rencana penyelesaian
masalah. Hasil skema termasuk kedalam 2 kuadran yaitu kuadran I dan III. Peserta
didik dengan gaya berpikir sekuensial abstrak (S07-SA) mengerjakan soal dengan
cara dirinya sendiri, secara terurut namun tidak sistematis. Hasil skema termasuk
kedalam kuadran III yang mengalami salah konsep. Peserta didik dengan gaya
berpikir acak konkret (S02-AK) mengerjakan soal berdasarkan cara dirinya sendiri
secara acak. Hasil skema termasuk kedalam 3 kuadran yaitu kuadran I, III dan II.
Peserta didik dengan gaya berpikir acak konkret (S10-AK) mengerjakan soal
berdasarkan cara dirinya. Hasil skema termasuk kedalam 2 kuadran yaitu kuadran
III dan II. Peserta didik dengan gaya berpikir acak abstrak (S06-AA) mengerjakan
secara acak tetapi sistematis. Hasil skema termasuk kedalam kuadran II yang
mengerjakan tiga soal dengan benar tetapi mengalami ketidaklengkapan pada aspek
pemahaman konsep karena tidak menuliskan kesimpulan.
Kata kunci: Skema, Konstruksi Bukti Matematis, Gaya Berpikir, Trigonometri