Abstract :
Khoiruni Muthmainnah. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
INVESTIGATION BASED MULTIPLE REPRESENTATION (IBMR)
BERBANTUAN CROCODILE PHYSICS TERHADAP KEMAMPUAN
PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI
MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan
masalah peserta didik pada pelajaran Fisika karena sulitnya menentukan rumus
yang tepat dan kurangnya kebaruan model pembelajaran yang digunakan. Oleh
karena itu diperlukan sebuah model pembelajaran Investigation Based Multiple
Representation (IBMR) berbantuan Crocodile Physics terhadap kemampuan
pemecahan masalah. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Investigation Based Multiple
Representation (IBMR) berbantuan Crocodile Physics terhadap kemampuan
pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum, impuls, dan tumbukan.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain
penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh
kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 8
kelas. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster random sampling yang
diambil secara acak dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Tes kemampuan
pemecahan masalah dilakukan melalui pretest dan posttest berbentuk essay. Hasil
pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa