Abstract :
SHENA FAZARINA APRIANTY. 2015. Improving Students? Motivation in
Speaking Ability Using Storytelling Technique (An Action Research at Ninth
Grade of SMP Negeri 3 Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi
Tasikmalaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengajaran berbicara
menggunakan teknik mendongeng meningkatkan motivasi belajar siswa dalam
kemampuan berbicara di kelas sembilan SMP Negeri 3 Tasikmalaya. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan observasi untuk
memperoleh data kualitatif, dan pemberian kuesioner untuk memperoleh data
kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tasikmalaya.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada kemajuan yang
signifikan di antara hasil kuesioner motivasi siswa pada siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik mendongeng dalam
mengajar berbicara dapat mengatasi masalah pada motivasi siswa, karena dengan
menerapkan teknik mendongeng dapat membantu siswa dalam berlatih berbahasa
Inggris dengan lebih berani dan percaya diri.
Kata kunci: Motivasi Siswa, Teknik Mendongeng