Abstract :
ANA DWI RAKHMA. 2014. The Analysis of English Teacher?s Code-switching
in EFL Classroom. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Penelitian ini, yang berjudul The Analysis of English Teacher?s Code-switching in
EFL Classroom, berfokus pada penemuan dan penglasifikasian tipe-tipe alih kode
yang digunakan guru bahasa Inggris saat mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa
asing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Data diambil dari rekaman tuturan yang terjadi di kelas ketika guru
mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat lima tipe alih kode yang
dilakukan oleh guru, yaitu tag switching, inter-sentential switching, intra?sentential switching, situational switching dan metaphorical switching. Alih kode
berkaitan dengan penanda identitas, indentitas guru sebagai komunitas Indonesia
dapat dilihat dari tuturan saat mengajar dan sebagai komunitas Sunda dapat
diketahui dari aksen ketika guru bertutur. Penggunaan alih kode oleh guru di kelas
dapat membantu guru dalam menyampaikan beberapa penjelasan dan instruksi
kepada para siswa.