Abstract :
DIAN MARDIANSYAH. 2014. The Analysis of Students? Responses on
?National Treasure? Film by Marianne Wibberley? (A Case Study at the
Fourth Grade Students of English Department Siliwangi University
Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Tujuan penelitian untuk mengetahui respon mahasiswa Tingkat IV
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terhadap film ?National Treasure?
karya Marianne Wibberley.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian
respon mahasiswa pada film ?National Treasure? diperoleh melalui kuesioner.
Sumber data penelitian yaitu 4 orang mahasiswa Tingkat IV Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Siliwangi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam merespon film ?National
Treasure?, para responden menggunakan strategi engaging, describing,
conceiving, explaining, connecting, interpreting dan judging. dalam engaging,
para responden merespon film dengan menunjukkan reaksi emosi atau tingkat
keterlibatan mereka terhadap cerita. Dalam describing, para responden merespon
film dengan menyatakan kembali informasi yang didapat dari cerita. Dalam
conceiving, para responden merespon film dengan menjelaskan bagaimana cara
mereka mendapatkan pesan moral dari film. Dalam explaining, para redponden
merespon film dengan menjelaskan karakterisasi para tokoh dalam cerita
berdasarkan pemahaman mereka. Dalam connecting, para responden merespon
film dengan menghubungkan pengalaman atau pengetahuan mereka dengan cerita.
Dalam interpreting, para responden merespon film dengan menggunakan
deskripsi, ide, dan hubungan yang mereka buat untuk menjelaskan pesan moral
yang terdapat dalam cerita. Dalam judging, para responden merespon film dengan
cara menilai kualitas film secara keseluruhan.
Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan, strategi respon yang
paling banyak digunakan oleh responden adalah describing dan interpreting. Hal
ini menunjukkan bahwa responden memaknai film sebagai gambaran kehidupan
untuk diambil pesan moral yang terkandung didalamnya untuk dijadikan pelajaran
dalam kehidupan nyata berdasarkan reaksi, deskripsi, konsepsi dan hubungan
yang masing-masing respondent bentuk dalam menginterpretasikannya