Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan
dan kepuasan terhadap preferens e-commerce Bukalapak pada Komunitas Pelapak
Garut. Berdasarkan hasil survei dari APJII tahun 2018, konten komersial yang
paling sering dikunjungi masyarakat Indonesia adalah online shop sebesar 114,7
juta (46,6%). Selain itu, jumlah masyarakat Indonesia yang pernah bertransaksi
online sebesar 111,5 juta (42,2%). Hal ini merupakan tantangan sekaligus
kesempatan yang baik bagi perusahaan e-commerce untuk mengembangkan
bisnisnya di Indonesia. Bertolak belakang dengan kelebihan tersebut, website
Bukalapak seharusnya menjadi peringkat pertama dalam top situs e-commerce di
Indonesia, namun website Bukalapak mengalami penurunan peringkat. Oleh
karena itu peneliti tertarik meneliti permasalahan ini dengan menggunakan teori
kualitas layanan, kepuasan pelapak dan preferensi pelapak. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuisoner. Hasil
penelitian ini adalah 1) Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap
Preferensi Bukalapak, ditunjukkan dari hasil uji korelasi (r) sebesar 0,712 yang
berarti terdapat hubungan antara Kualitas Layanan dengan Preferensi Bukalapak
yang kuat, 2) Kepuasan Pelapak berpengaruh signifikan terhadap Preferensi
Bukalapak, ditunjukkan dari hasil uji korelasi (r) sebesar 0,777 yang berarti
terdapat hubungan antara Kepuasan Pelapak dengan Preferensi Bukalapak yang
kuat, dan 3) Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelapak secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap Preferensi Bukalapak.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan Pelapak, Preferensi Pelapak, dan
E-Commerce