Abstract :
Deva Rahmawati. 2023. Pengaruh Customer Review Dan Sales Promotion
Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel
Intervening (Studi kasus pada pengguna E-commerce di Tasikmalaya)
Di era society 5.0 banyak perusahaan yang berpindah menggunakan e?commerce salah satunya e-commerce shopee. Pada e-commerce shopee calon
konsumen tidak bisa melihat produk secara langsung sehingga memungkinkan
terjadinya ketidaksesuaian antara produk yang ditawarkan dengan produk yang
diterima. Maka dari itu, informasi mengenai produk sangat penting sebelum
melakukan pembelian di e-commerce shopee, informasi produk dapat berupa
customer review. Melihat customer review menjadi hal yang penting bagi
konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian. Selain itu, faktor yang
mempengaruhi minat pembelian di shopee yaitu adanya sales promotion berupa
gratis ongkir atau diskon. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah customer review, sales promotion, minat beli dan keputusan
pembelian memiliki keketerkaitan antara satu sama lain.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Teknik
pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah
pengguna shopee di Kab/Kota Tasikmalaya dengan sampel 100 orang. Analisis data
dan uji hipotesis yang digunakan yaitu inner model dan outer model
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil uji R?Square pertama variabel customer review dan sales promotion memiliki pengaruh
terhadap minat beli sebesar 48%. R Square kedua variabel customer review dan
sales promotion memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 39%.
Untuk setiap hipotesis yang melalui variabel intervening dinyatakan diterima
karena memiliki nilai t statistik > 1.96 dan nilai p value < 0.10, akan tetapi terdapat
satu hipotesis yang tidak melalui variabel intervening dinyatakan ditolak karena
memiliki nilai t statistik 1.311 < 1.96 dan nilai p value > 0.10.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat beli (Z) mampu memediasi
variabel customer review (X1) dan sales promotion (X2) terhadap keputusan
pembelian (Y) maka hipotesis diterima.
Kata Kunci : Customer Review, Sales Promotion, Minat Beli, Keputusan
Pembelian