Abstract :
GABRIELLA BERNADINE CAKRA LYAJANNAH. 2023. Analisis Miskonsepsi
Peserta Didik Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Termodifikasi Pada
Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurusan Pendidikan Matematika.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik
serta penyebab siswa mengalami miskonsepsi pada materi sistem persamaan linear tiga
variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan
pendekatan eksploratif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cisarua kelas X-G
yang berjumlah 32 peserta didik. Subjek penelitian ini diambil secara purposive yaitu 4
siswa kelas X-G SMA Negeri 1 Cisarua. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes
analisis miskonsepsi yang disertai Certainty of Response Index (CRI) Termodifikasi dan
wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) S12
melakukan miskonsepsi klasifikasi, korelasional, dan teoritikal, S15 melakukan
miskonsepsi klasifikasional, korelasional dan teoritikal, S25 melakukan miskonsepsi
korelasional, S32 melakukan miskonsepsi teoritikal dan klasifikasional. (2) Penyebab
miskonsepsi yang terjadi yaitu prakonsepsi, pemikiran asosiatif peserta didik, penalaran/
reasoning yang tidak lengkap/salah, intuisi yang salah, kemampuan peserta didik, dan
minat belajar peserta didik.
Kata kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI) Termodifikasi, Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel