Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi, kendala yang dihadapi, dan upaya
mengatasi kendala penggunaan mobile banking pada PT Bank X Tbk (Persero)
Kantor Cabang Kota Tasikmalaya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan
penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data
sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan
studi kepustakaan. Dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan Bank X
Kantor Cabang Kota Tasikmalaya harus memiliki beberapa strategi baik produk,
harga, maupun fleksibilitas proses pelayanan. Kendala yang dihadapi dalam
meningkatkan minat nasabah pengguna mobile banking yaitu nasabah yang tidak
tahu cara menggunakannya baik itu faktor internal maupun eksternal. Faktor
internal diantaranya sikap, persepsi, kebergunaan, dan kepercayaan pada pihak
bank penyedia layanan mobile banking. Sedangkan faktor eksternal yaitu kualitas
sistem dan kualitas layanan yang baik yang memberikan pengaruh pada niat
menggunakan mobile banking konsumen muda. Upaya mengatasi kendala yang
dihadapi dalam meningkatkan keamanan layanan bagi nasabah, bank biasanya
melakukan update aplikasi mobile banking secara berkala. Maka, sebagai nasabah
berusaha untuk meng-update aplikasi ke versi terbaru agar akun tetap aman.
Kata kunci: strategi, minat, promosi, mobile banking