Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
pada materi teori kinetik gas dan rendahnya tingkat percaya diri peserta didik dalam
pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)
terhadap hasil belajar dan self-confidence peserta didik pada materi teori kinetik
gas. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuasi eksperimen
dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini
yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sindangbarang sebanyak 4 kelas dengan
jumlah 129 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik
cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur tingkat hasil
belajar peserta didik menggunakan instrumen soal berbentuk esai sejumlah 10 soal
dengan memuat ranah kognitif C1, C2, C3, C4, dan mengukur tingkat self?confidence peserta didik menggunakan angket berskala likert yang memuat 4
indikator. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat yaitu uji
normalitas multivariat dan uji homogenitas multivariat, sedangkan uji hipotesis
menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil uji
hipotesis diperoleh