Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan
epistemological obstacle yang dialami peserta didik pada materi bentuk aljabar. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode eksploratif. Subjek dalam penelitian ini
diambil dari peserta didik kelas VII G SMP Negeri 9 Tasikmalaya sebanyak 5 peserta
didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu memberikan tes bentuk aljabar
dan wawancara. Instrumen yang digunkan adalah peneliti dan soal tes bentuk aljabar.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peneliti
menemukan epistemological obstacle peserta didik pada materi bentuk aljabar yang
terbagi menjadi 3 tipe yaitu (1) Epistemological obstacle dalam menentukan koefisien,
variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar seperti terhambatnya subjek dalam
menentukan unsur-unsur bentuk aljabar yang bertanda negatif dan menentukan variabel
yang lebih dari satu huruf dalam setiap suku. (2) Epistemological obstacle dalam
menentukan hasil operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bentuk
aljabar seperti terhambatnya subjek dalam penjumlahan bentuk aljabar yang berbeda
tanda, pengurangan bentuk aljabar jika angka yang kecil dikurangi angka yang besar,
perkalian bentuk aljabar yang memiliki variabel berbeda, dan pembagian bentuk aljabar
yang memiliki koefisien. (3) Epistemological obstacle dalam menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan bentuk aljabar seperti terhambatnya subjek dalam
memahami informasi pada soal, membuat model matematika dari informasi yang ada
pada soal, menentukan strategi penyelesaian, dan menentukan langkah penyelesaian
selanjutnya sehingga mengakibatkan soal tidak dapat diselesaikan.
Kata kunci: Analisis, Epistemological Obstacle, Bentuk Aljabar