Abstract :
Tujuan penyusunan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui strategi penanganan
pembiayaan bermasalah pada produk KPR di PT Bank Bank Tabungan Negara Kantor
Cabang Syariah Tasikmalaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
Participant Observer, In Depth Interview, dan Studi Pustaka. Berdasarkan hasil
observasi, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pembiayaan bermasalah pada
produk KPR Bank BTN Syariah dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor
eksternal, sedangkan pola penanganan pembinaan nasabah pembiayaan bermasalah
dilakukan dengan cara litigasi dan non litigasi. Selanjutnya penanganan nasabah dibagi
berdasarkan hari tunggakan yaitu Ealy Bucket, Middle Bucket dan Asset Sales. Adapun
hambatan yang dihadapi dalam proses penanganan pembiayaan bermasalah yaitu
alamat nasabah yang berubah tanpa ada konfirmasi ke pada pihak bank, nasabah tidak
kooperatif, dan kondisi ekonomi nasabah yang mengalami penurunan. Oleh karena itu
penulis menyarankan pihak bank harus membina hubungan dan komunikasi yang baik
dengan nasabah, meningkatkan keahlian collection, meningkatkan ketelitian dalam
menganalisis dan memberikan keputusan, dan petugas bank sebaiknya menggali lebih
dalam informasi mengenai permasalahan nasabah.
Kata Kunci : Strategi, Pembiyaan Bermasalah, KPR