Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based
learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi pada
materi bioteknologi di kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Taraju. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas XII MIPA sebanyak 127 peserta didik. Teknik
pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel
pada penelitian ini sebanyak 64 peserta didik. Instrumen yang digunakan terdiri dari
tes dan non tes. Tes berupa soal uraian sebanyak 16 butir soal untuk mengukur
keterampilan berpikir kritis. Non tes berupa angket keterampilan kolaborasi
sebanyak 24 butir pernyataan untuk mengukur keterampilan kolaborasi. Teknik
analisis data menggunakan uji ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat
pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan
keterampilan kolaborasi dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji
ANOVA dengan perolehan nilai signifikasi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,00.
Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model project based learning
terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi peserta didik
pada materi bioteknologi di kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Taraju semester genap
tahun ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Project Based Learning; Keterampilan Berpikir Kritis;
Keterampilan Kolaborasi.