Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif
siswa berdasarkan gender melalui model pembelajaran project based learning
pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah
Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode komparatif dengan desain penelitian Static Group Comparation.
Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MIPA sebanyak 47. Sampel pada
penelitian ini diambil dengan total sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1, 14 peserta didik perempuan
dan 12 peserta didik laki laki. X MIPA 2, 14 peserta didik perempuan dan 7
peserta didik laki laki. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal
kemampuan berpikir kreatif sebanyak 8 soal essay. Teknik analisis data yang
digunakan adalah t test independent dengan bantuan SPSS versi 29 for windows
dengan nilai signifikansi (0,876). Hasil penelitian menunjukkan tidak ada
perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gender melalui model
pembelajaran project based learning pada materi perubahan lingkungan di kelas
X MIPA SMA Muhammadiyah Kabupaten Pangandaran. Temuan lainnya
menunjukkan bahwa skor rata ? rata kemampuan berpikir kreatif pada peserta
didik laki ? laki berdasarkan indikator yakni fluency (2,21), flexibility (2,20),
elaboration (3,00), dan originality (1,37). Serta skor rata ? rata kemampuan
berpikir kreatif peserta didik perempuan berdasarkan indikator yakni fluency
(2,17), flexibility (2,14), elaboration (3,00), dan originality (1,41).
Kata Kunci : kemampuan berpikir kreatif dan gender