DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA BERDASARKAN GENDER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
NURJANAH, ULVA
Subject
QH301 Biology 
Datestamp
2023-07-14 03:36:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gender melalui model pembelajaran project based learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif dengan desain penelitian Static Group Comparation. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MIPA sebanyak 47. Sampel pada penelitian ini diambil dengan total sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1, 14 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki laki. X MIPA 2, 14 peserta didik perempuan dan 7 peserta didik laki laki. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal kemampuan berpikir kreatif sebanyak 8 soal essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah t test independent dengan bantuan SPSS versi 29 for windows dengan nilai signifikansi (0,876). Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gender melalui model pembelajaran project based learning pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Kabupaten Pangandaran. Temuan lainnya menunjukkan bahwa skor rata ? rata kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik laki ? laki berdasarkan indikator yakni fluency (2,21), flexibility (2,20), elaboration (3,00), dan originality (1,37). Serta skor rata ? rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik perempuan berdasarkan indikator yakni fluency (2,17), flexibility (2,14), elaboration (3,00), dan originality (1,41). Kata Kunci : kemampuan berpikir kreatif dan gender 
Institution Info

Universitas Siliwangi