Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kecerdasan
Emosi, Job Insecurity, Organizational Citizenship Behavior, dan pengaruh
Kecerdasan Emosi dan Job Insecurity terhadap Organizational Citizenship
Behavior pada Guru Honorer Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Mangkubumi
Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, data
yang diperoleh langsung melalui kuesioner kepada 45 responden yang diambil dari
guru honorer Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Penarikan sampel
menggunakan sensus dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian, kecerdasan emosi termasuk
klasifikasi tinggi, job insecurity termasuk klasifikasi cukup, serta organizational
citizenship behavior pada klasifikasi tinggi. Kecerdasan emosi dan job insecurity
berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior.
Kata kunci: Kecerdasan Emosi, Job Insecurity, Organizational Citizenship Behavior