Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif peserta didik
ditinjau dari ESQ. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan think
aloud methods dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 5
Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu penyebaran angket ESQ,
pemberian tes kemampuan berpikir reflektif, dan wawancara. Instrumen penelitian terdiri
dari dari peneliti, angket ESQ, tes kemampuan berpikir reflektif, dan wawancara. Penentuan
subjek penelitian berdasarkan teknik purposive yaitu peserta didik dipilih berdasarkan
peserta didik yang memiliki ESQ tinggi dan ESQ rendah, yang masing-masing memenuhi
minimal satu indikator berpikir reflektif. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Kemampuan
berpikir reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-3 memiliki ciri-ciri mudah menyukai aktivitas
berhitung, terstruktur, tekun, dan menggunakan banyak waktu untuk merespon dan
merenungkan akurasi jawaban. (2) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-5
memiliki ciri-ciri mampu menentukan sendiri tujuan belajar dan berkonsentrasi pada
informasi yang relevan. (3) Kemampuan berpikir reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-17
memiliki ciri-ciri dapat menyelesaikan masalah sesuai perencanaan tetapi kurang
menggunakan pemikiran yang logis dalam menyelesaikan masalah. (4) Kemampuan berpikir
reflektif ditinjau dari ESQ tinggi S-23 memiliki ciri-ciri peserta didik yang mengutamakan
pengertian pribadi dan cenderung menyelesaikan masalah dengan logika. (5) Kemampuan
berpikir reflektif ditinjau dari ESQ rendah S-27 memiliki ciri-ciri cenderung mudah
menyerah dan tergesa-gesa.
Kata Kunci: Analisis, ESQ, Kemampuan Berpikir Reflektif