Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang
digunakan Bank Negara Indonesia untuk memasarkan salah satu produk Kredit
Usaha Rakyat (KUR) yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro tanpa agunan atau
jaminan. Objek penelitiannya yaitu Kredit Usaa Rakyat (KUR) Mikro. Metode
yang digunakan analisis data, yaitu menggunakan analisis data kualitatif deskriptif.
Pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara secara
mendalam dan observasi secara langsung. Strategi pemasaran merupakan hal yang
penting dalam memasarkan produk dan berpengaruh untuk mencapai target yang
diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Bank Negara
Indonesia Kantor cabang Pembantu Cikurubuk Tasikmalaya dalam startegi
pemasaran produk Kredit Usaha rakyat (KUR) Mikro menggunakan strategi STP
(segmenting, targeting, dan positioning) dan marketing mix dengan unsur 7P yaitu:
product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people
(orang), phisical evidence (tampilan fisik), dan process (proses). Hambatan yang
dialami Bank BNI KCP Cikurubuk berkaitan dengan komponen process pada
bauran pemasaran 7P, dengan solusi menggunakan prinsip analisis 5C dan
mengedukasi calon debitur.
Kata kunci: Strategi, Pemasaran, Marketing mix, Kredit Usaha Rakyat, Bank