Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media
permainan susun kata pada pembelajaran sejarah dan pengaruh terhadap minat
belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian
Quasi-Experimental dengan pre-test-post-test with non-Equivalent Control-Group
Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3
Ciamis. Teknik sampling menggunakan sampling purposive dengan alasan
terdapat permasalahan minat belajar sehingga diperoleh sampel kelas XI IPS 1
berjumlah 26 siswa dan kelas XI IPS 2 berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan 3 cara yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang
diuji dalam uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini terlihat pada temuan di lapangan yang menunjukan adanya
peningkatan mminnat belaar peserta didik ditinjau dari indikator minat belajar
seperti perasaan senang, ketertarikan, keterlibatan dan perhatian siiswa. Pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap
minat belajar siswa juga terlihat melalui hasi uji independent sampel T test dengan
menggunakan alikasi SPSS versi 26 yang menunjukan nilai Asym.Sig 0.00 kurang
dari 0,005 (0,00<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari
model pmebelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media permainan susun kata
terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 3 Ciamis.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tournament, Minat Belajar