Abstract :
Penelitian ini diangkat dari permasalahan kurangnya minat belajar pada
pembelajaran sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciamis. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Meme terhadap minat
belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciamis.
Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dalam penggunaan media
terhadap minat belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Ciamis. Pendekatan dalam
penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental design dengan Nonequivalent
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XI IPS SMA Negeri 1 Ciamis sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPS 1 dan XI
IPS 5 yang berjumlah 71 orang. Proses pengambilan data dilakukan dengan
observasi dan penyebaran kuisioner (angket) sebelum dan sesudah dilakukan
Treatment agar dapat dilihat pengaruhnya. Sebelum data disebarkan, pada
instrumen penelitian telah dilakukan uji validitas dan reabilitas agar data benar?benar layak disebarkan kepada responden. Setelah data terkumpul kemudian
dilakukan olah data menggunakan software SPSS. Berdasarkan rata-rata skor di
kelas kontrol didapatkan rata-rata skor post-test sebesar 62,04% dan rata-rata skor
post-test kelas eksperimen adalah 75,31%. Uji hipotesis pada penelitian ini
menggunakan uji Independent Sample T-test dan didapatkan hasil nilai
Asymp.sig(2-tailed) sebesar 0,00, dapat disimpulkan nilai Asymp.sig 0,00<0,50.
Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media meme terhadap
minat belajar siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Ciamis.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Meme, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah