Abstract :
Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus
dikuasai peserta didik kelas VIII semester II adalah KD 4.14 Menyajikan Teks
Persuasi (saran, ajakan, arahan, dan petimbangan) secara tulis dan lisan dengan
memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan. Terdapat permasalahan dalam
penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa kurang
maksimal dalam menerima pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut,
penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan sebuah model pembelajaran Example
Non Example pada pembelajaran menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas
VIII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian ini adalah metode
eksperimen sungguhanyang melibatkan kelas eksperimen dan kontrol. Sampel
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H berjumlah 32 orang sebagai kelas
eksperimen dan peserta didik kelas VIII I berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar
peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk
kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Example Non Example yaitu
kelas VIII H pada KD 4.14 nilai rata-rata pada pre-test mencapai angka 50,46 dan
nilai rata-rata post-test mencapai angka 81,21, sedangkan pada kelas kontrol dengan
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yaitu kelas VIII I pada KD
4.14 nilai rata-rata pre-test mencapai angka 43,95 dan nilai rata-rata post-test
mencapai angka 79,09.
Setelah data dinilai kedua kelompok dihitung secara statistika
menggunakan uji normalitas. Hasil uji menunjukkan kedua data berdistribusi tidak
normal. Sehingga data yang dianalisis dilanjutkan diuji menggunakan uji wilcoxon.
Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa Whitung = 0 < Wtabel = 0,01 (32) 128. Hal
ini menunjukkan bahwa, model pembelajaran Example Non Example berpengaruh
terhadap kemampuan menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022.