Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognisi berdasarkan
resiliensi matematis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan
metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan
angket resiliensi matematis, tes, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Tasikmalaya berdasarkan
ciri-ciri resiliensi matematis dari hasil angket yaitu peserta didik dengan kategori
resiliensi tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) Kemampuan metakognisi S-08 dengan resiliensi matematis tinggi telah memenuhi
indikator perencanaan, pemantauan, dan penilaian. (2) Kemampuan metakognisi S-26
dengan resiliensi matematis sedang hanya memenuhi indikator perencanaan dan
pemantauan, pada indikator penilaian S-26 mampu menuliskan jawaban akhir namun
tidak mampu menuliskan kesimpulan dan tidak yakin dengan jawaban akhir yang
diperolehnya. (3) Kemampuan metakognisi S-31 dengan resiliensi matematis rendah
pada indikator perencanaan mampu menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan
dalam soal, namun S-31 tidak menyelesaikan soal sampai menemukan jawaban akhirnya
sehingga tidak mampu memenuhi indikator pemantauan dan penilaian.
Kata kunci: Analisis, Kemampuan Metakognisi, Resiliensi Matematis