Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran
produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Gaul pada Bank Pembangunan Daerah
Jawa Barat dan Banten kantor cabang Subang. Pendekatan metode penelitian yang
digunakan adalah pendekatan metode kualitatif yang fokus pada pengamatan
mendalam, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara serta studi
kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pemasaran produk Kredit
Pemilikan Rumah (KPR) Gaul Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten
kantor cabang Subang yaitu melakukan periklanan, personal selling, sales
promotion, dan publisitas. Namun sebelum melakukan strategi pemasaran, terdapat
pendekatan pemasaran yang merupakan syarat mutlak yaitu segmenting, targeting,
dan positioning (STP) serta menggunakan bauran pemasaran (7P) yang terdiri dari
product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi), people
(orang), physical evidence (bukti fisik), dan process (proses). Kendala yang
dihadapi oleh bank bjb kantor cabang Subang yaitu tingkat harga (suku bunga) lebih
tinggi dari bank kompetitor, Biaya dalam proses sales promotion yang cukup tinggi,
dan kurangnya SDM dalam Bank.
Kata Kunci: Segmenting, Targeting, Positioning, 7P, KPR Gaul