Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses literasi matematis peserta didik yang
memiliki gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Metode
yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan cara tes literasi matematis, penyebaran angket gaya belajar, dan wawancara.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal literasi matematis dan angket gaya
belajar. Data penelitian ini diperoleh dari peserta didik kelas VIII-D SMP Negeri 4
Tasikmalaya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model yang
dikembangkan oleh Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data , dan
verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah proses literasi
matematis peserta didik dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya
belajar kinestetik yang melalui semua tahapan proses literasi matematis. Peserta didik
dengan gaya belajar visual pada proses menerapkan konsep, fakta, dan prosedur
matematika melalui alur yang berbeda dari alur ideal dengan kesimpulan yang diambil
dari hasil akhir benar. Peserta didik dengan gaya belajar auditorial pada saat proses
menafsirkan yang dilalui kurang dijelaskan secara terperinci dengan kesimpulan yang
diambil benar. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik pada saat proses menerapkan
fakta yang dilalui tidak lengkap dan menggunakan singkatan dalam menjawab pada
lembar jawaban. Proses menafsirkan yang dilalui oleh peserta didik dengan gaya belajar
kinestetik kurang dijelaskan secara terperinci dengan kesimpulan yang diambil benar.
Kata kunci: Gaya Belajar, Literasi Matematis, Proses Literasi Matematis