Abstract :
Latar belakang penelitian ini terjadi dikarenakan masih banyaknya hasil belajar
peserta didik SMA ISLAM YAPPAS AL-BAROKAH yang masih dibawah
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan terkhusus pada mata
pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang
terjadi dari penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap
peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajran ekonomi di SMA
ISLAM YAPPAS AL-BAROKAH tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan bentuk Non?equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar pesertadidik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Dilihat dari nilai rata- rata post-test kelas eksperimen sebesar 86.24 dan nilai N?Gain sebesar 0.66.berdasarkan perhitungan SPSS V.25. nilai Sig.2-tailed adalah
0.000 < 0.05. Keefektifan model pembelajaran Group Investigation dari
perhitungan effect-size diperoleh 0.852 atau 85.2% masuk kategori tinggi.
Kata Kunci : Group investigation, Hasil Belajar