Abstract :
LANI PEBRIANI. 2023. Proses Literasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari
Resiliensi Matematis. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses literasi matematis peserta didik
ditinjau dari resiliensi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket resiliensi
matematis, tes literasi matematis, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan
yaitu angket resiliensi matematis dan tes literasi matematis. Subjek dari penelitian ini
sebanyak tiga orang dari kelas VII-A di SMP Negeri 1 Bantarkalong yaitu satu orang
dari masing-masing kategori resiliensi matematis yaitu tinggi, sedang dan rendah. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Subjek dengan resiliensi tinggi (S-11) melalui ketiga proses literasi
matematis dengan benar. Dilihat dari setiap proses yang dilalui, peserta didik menuliskan
setiap langkah penyelesaiannya dengan rinci dan sistematis. Subjek dengan resiliensi
sedang (S-10) melalui ketiga proses literasi matematis dengan benar. Dilihat dari setiap
proses yang dilalui, jawaban peserta didik sudah sistematis, namun masih kurang
sempurna karena masih terdapat jawaban yang kurang rinci dalam penulisannya. Subjek
resiliensi rendah (S-18) melalui ketiga proses namun jawaban yang didapatkan salah.
Dilihat dari setiap proses yang dilalui peserta didik tidak menuliskan jawaban dengan
sistematis dan rinci serta masih kurang teliti dalam melakukan perhitungan.
Kata kunci: Proses Literasi Matematis, Resiliensi Matematis