Abstract :
Halimatussaidah. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Peserta
Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Honey-Mumford. Jurusan Pendidikan Matematika.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi
matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar Honey-Mumford. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data
terdiri dari penyebaran angket, tes kemampuan penalaran analogi matematis, dan
wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket gaya belajar Honey?Mumford dan soal tes kemampuan penalaran analogi matematis. Subjek dari penelitian
ini dari kelas VIII-A di SMP Negeri 9 Tasikmalaya sebanyak empat orang yang mampu
mengerjakan soal tes kemampuan penalaran analogi matematis dari masing-masing
kategori gaya belajar Honey-Mumford yaitu aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis,
serta kemampuan subjek dalam berkomunikasi. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh bahwa Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa subjek
dengan gaya belajar aktivis (S12) mampu memenuhi komponen encoding, inferring,
mapping, dan applying. Namun pada komponen applying salah dalam menggunakan
rumus dan tidak selesai dalam mengerjakan masalah target. Subjek dengan gaya belajar
reflektor (S30) mampu memenuhi komponen encoding, inferring, mapping, dan
applying. Namun pada komponen applying tidak selesai dalam mengerjakan masalah
target. Subjek dengan gaya belajar teoris (S17) mampu memenuhi komponen encoding,
inferring, mapping dan applying. Subjek dengan gaya belajar pragmatis (S4) mampu
memenuhi komponen encoding, inferring, mapping, dan applying. Namun, pada
komponen encoding tidak menuliskan unsur yang diketahui dan ditanyakan tetapi pada
saat diwawancara sudah mampu menjelaskan unsur yang diketahui dan ditanyakan pada
soal dengan tepat. Serta pada komponen applying salah dalam menuliskan rumus dan
melakukan perhitungan.
Kata kunci: Analisis, Kemampuan Penalaran Analogi Matematis, Gaya Belajar Honey- Mumford