Abstract :
Dalam 3 (tiga) tahun terakhir yakni tahun 2008 hingga Agustus 2011,
tingkat pencapaian target penjualan bancassurance AXA Mandiri di Cabang
Medan tidak pernah mencapai target. tujuan dari penelitian ini, yaitu ; (a)
Mengetahui besar pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian
Banassurance AXA Mandiri di Bank Mandiri Cabang Medan. (b) Mengetahui
atribut produk yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian
Banassurance AXA Mandiri di Bank Mandiri Cabang Medan.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif
yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh atribut produk terhadap
keputusan pembelian produk bancassurance. Penelitian deskriptif kuantitatif
dilakukan untuk mengetahui nilai variabel independen, baik satu variabel atau
lebih tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel lain
Pengambilan sampel dengan menggunakan metode Accidental Sampling,
teknik digunakan atas dasar kemudahan dalam menemui nasabah. Nasabah yang
mengambil polis AXA Mandiri di Bank Mandiri Cabang Imam Bonjol Medan,
setelah serah terima polis kemudian diberikan kuesioner untuk diisi. Jumlah
sampel yang akan diteliti adalah 97 pemegang polis
Analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan analisis koefisien
regresi berganda. Kesimpulan pada penelitian ini yakni ada pengaruh yang
signifikan dari kualitas produk, fitur produk dan rancangan produk secara bersama
? sama terhadap keputusan pembelian Bancassurance AXA Mandiri. Atribut
produk AXA Mandiri memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian
sebesar 71,8%. Variabel independen yang memberikan pengaruh paling besar
terhadap keputusan pembelian adalah fitur produk, sedangkan variabel
independen yang memberikan pengaruh paling kecil adalah Rancangan Produk.
Dari ketiga variabel independen yang dimasukkan ke dalam model regresi, hanya
variabel rancangan produk yang tidak signifikan mempengaruhi secara parsial
keputusan pembelian.