Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
Kharisnayanti, Ni Kadek Diah
Subject
R Medicine (General)
Datestamp
2023-08-10 07:02:58
Abstract :
Perkembangan kognitif anak dapat dikembangan melalui metode bermain.
Salah satu metode bermain yang dapat diberikan yaitu permainan klaben
(mengklasifikasikan benda). Permainan klaben merupakan kemampuan dalam
mengelompokkan sebuah benda berdasarkan ciri masing-masing seperti ukuran,
bentuk dan warna. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh media
permainan klaben (mengklasifikasikan benda) terhadap perkembangan kognitif
anak usia 4-6 tahun di TK Pradnyandari I.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pendekatan one
group pretest-posttest design. Prosedur analisis statistic menggunakan uji
Wilcoxon sign rank test dengan tingkat kemaknaan p<0,05 menggunakan program
SPSS 16.0. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-6 tahun di TK
Pradnyandari I sebanyak 38 orang.
Hasil penelitian menunjukkan setelah diberikan intervensi sebagian besar
responden mengalami perkembangan kognitif yang berkembang sangat baik
sebanyak 24 responden (63,2%). Dimana nilai p-value= 0,000 yang memiliki arti
p<0,05 dengan nilai Z= -4,803. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media
permainan klaben (mengklasifikasikan benda) terhadap perkembangan kognitif
anak usia 4-6 tahun di tk pradnyandari. Permainan klaben diharapkan dapat
digunakan sebagai media alternatif dalam meningkatkan perkembangan kognitif
pada anak.